Mengurangi Kesenjangan Sosial dan Menumbuhkan Kebersamaan

Mengurangi Kesenjangan Sosial dan Menumbuhkan Kebersamaan Affan Safani Adham

SINARPAGINEWS.COM, YOGYAKARTA - Sangat tepat bila Idul Adha dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan sekaligus membangun kepedulian, mengurangi kesenjangan sosial dan menumbuhkan kebersamaan sesama anak bangsa.

Anggota DPD RI Dapil DIY, Drs M Afnan Hadikusumo, ketika menjadi khatib salat Idul Adha di Lapangan SMK Negeri 7 Gowongan, Yogyakarta, Senin (17/6/2024), mengatakan, pembangunan kepedulian mengurangi kesenjangan sosial serta menumbuhkan kebersamaan dapat dipengaruhi oleh sikap dan perilaku para pengambil kebijakan. "Karena sesungguhnya masyarakat kita butuh keteladanan dari para pemimpinnya," kata Afnan.

Cucu dari Ki Bagus Hadikusumo ini berharap kepada para pejabat publik untuk mengedepankan pengabdiannya kepada rakyat dengan lebih banyak berkurban baik waktu, tenaga maupun pikiran. "Sejarah telah membuktikan betapa banyak bangsa dan negeri-negeri yang hancur karena para pemimpinnya tidak amanah dan tidak mau berkurban demi rakyatnya," ungkap Afnan.

Dengan semangat berkurban, kata Afnan, kita secara terus-meerus berusaha untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan masa lalu dan menyongsong masa depan guna mewujudkan masyarakat yang bertaqwa kepada Allah SWT. "Yaitu masyarakat yang bertauhid dengan segala konsekuensinya baik dalam aspek ibadah, akhlak maupun muamalat," papar Afnan.

Menurutnya, masyarakat yang bekerja secara ikhlas, dengan berlandaskan membangun kepedulian, mengurangi kesenjangan sosial serta menumbuhkan kebersamaan, masyarakat yang dikelola oleh para pemimpin yang bisa memberi teladan bukannya pemimpin bertipe jarkoni atau iso ngujar ning ora iso nglakoni. "Harapannya agar kondisi krisis, utamanya krisis akhlak ataupun moral, dapat kita lalui dengan cepat," tandasnya. (Fan)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar