Jelang Healthy City Summit, Ketua Dekranasda dan Apmikimmdo, Bina Pelaku UMKM di Pamuruyan Cibadak

Jelang Healthy City Summit, Ketua Dekranasda dan Apmikimmdo, Bina Pelaku UMKM di Pamuruyan Cibadak Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi, Hj Yani Jatnika Marwan, mengunjungi para pedagang oleh-oleh, di Kp Ongkrak, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (20/06/2024).

Dalam kunjungannya, Yani memberikan arahan dan pembinaan kepada para pedagang oleh-oleh yang juga sebagai pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Sukabumi.

“Memang semua pedagang disini berada ditepi jalan. Walaupun demikian selama membangkitkan perekonomian masyarakat Sukabumi, saya akan tetap mendukung, apalagi para pedagang juga siap mempromosikan produk-produk UMKM Kabupaten Sukabumi. Alhamdulillah UMKM kita terfasilitasi,” ungkap Istri Bupati Sukabumi itu.

Kedepannya, Yani bersama ketua Apmikimmdo akan menata, mengenai segala sesuatu yang perlu dibenahi oleh para pelaku UMKM yakni pedagang oleh-oleh yang merupakan binaan DPC Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah Mandiri Indonesia (Apmikimmdo) Sukabumi Raya.

“Saya mengingatkan mereka karena bulan depan kita akan hajat besar yakni Healthy City Summit. Kita kedatangan tamu para Bupati se- Indonesia," ujar Yani.

"Jadi saya minta supaya mereka berbenah, kios dan dagangan ditata dengan baik. Menjaga lingkungan sekitar kios yang bersih. Nanti ketika mereka akan pulang mau mampir kesini untuk membeli oleh-oleh khas Sukabumi,” sambungnya.

Terakhir Yani, berharap kedepan bisa terfasilitasi sebagai pusat oleh-oleh. Berada di kawasan.seperti rest area atau pusat oleh-oleh, yang ada fasilitas mushola, toilet dan sebagainya.

“Insya Allah mudah-mudahan mereka bisa meningkat, terutama dalam penjualan mereka, keamanan mereka, kenyamanan mereka dan juga para konsumennya untuk bisa lebih nyaman dalam berbelanja,” pungkasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Dinas KUKM Kabupaten Sukabumi, Virly Virliana, berjanji pihaknya akan menindaklanjuti arahan dari ketua Dekranasda.

“Kami pihak dinas akan ditindaklanjuti, sesuai dari arahan ibu ketua, kita akan bantu mereka (para pedagang oleh-oleh-red) sampai dengan selesai,” tegasnya.

Terpisah, Ketua DPC Apmikimmdo Sukabumi Raya, Aam Abdul Salam menjelaskan, kunjungan yang dilakukan Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi tersebut merupakan bentuk apresiasi dan kepeduliannya terhadap perkembangan dan kemajuan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Ini bagus, sangat penting memang pelaku UMKM yang ada di berikan pembinaan seperti ini, agar usaha yang mereka geluti berkembang dan maju,” jelas Aam.

Dalam hal ini kata Aam, Apmikimmdo hadir memberikan pembinaan demi menguatkan dan memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM agar mereka mengetahui cara-cara dalam memajukan usahanya.

“Mereka, sebanyak 16 gerai oleh-oleh telah diberikan pendampingan berbagai aspek dalam memajukan usahanya, seperti legalitas usaha dalam pembuatan NIB, PIRT, Izin Halal, BPOM, bahkan difasilitasi untuk perlindungannya dengan didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tambah Aam.

Aam berharap, apa yang disampaikan Ketua Dekranasda dalam pembinaannya tadi, semua pihak bisa melaksanakannya untuk kemajuan usaha bersama.

“Kami harap semua pihak, terutama para pedagang oleh-oleh yang sudah dibina tadi bisa melaksanakan amanat Ketua Dekranasda Hj Yani Jatnika Marwan, tentunya dengan pembinaan dan pendampingan dari PLUT dan Apmikimmdo,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan, semua pelaku UMKM yang hadir bisa memahami apa yang disampaikan Ibu Hj Yani Jatnika Marwan dan akan mengikuti arahan serta petunjuk dari semua pihak.

Sementara itu, salah satu pedagang dan pelaku UMKM, Elis, merasa terkejut sekaligus gembira karena sudah dikunjungi oleh ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi.

"Terus terang awalnya kami kaget karena kedatangan ibu mendadak. Namun kami merasa bangga atas kepedulian Ibu Bupati sebagai panutan kami, yang telah sudi datang ketempat kami.Terutama ibu telah memberikan arahan dan pembinaan kepada kami. Itu adalah ilmu baru buat kami untuk diterapkan. Saya mewakili seluruh pedagang mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Yani, dan Ibu Kabid, serta DPC Apmikimmdo, " pungkasnya.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar