Moment Idul Adha Saling Berbagi Dan Meneladani Kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS

Moment Idul Adha Saling Berbagi Dan Meneladani Kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS A.Wahidin Ket.foto:( Ustad Sulaiman saat ceramah dihadapan jemaah salat)

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Hari raya merupakan hari kemenangan dan hari kegembiraan bagi seluruh umat didunia. Dalam momentum hari raya idul adha 10 Dzulhijjah ini atau yang disebut hari raya haji, kita diminta untuk saling berbagi mengasihi sesama muslim yang membutuhkan. Hari raya idul adha identik dengan penyembelihan hewan qurban. Momentum penyembelihan hewan qurban ini menjadikan momen saling berbagi saling mengasihi antara yang mampu dengan yang kurang mampu.


Hal ini disampaikan oleh Ustadz Sulaiman selaku Khatib salat Idul Adha di Masjid Ittihadul Ummah Kelurahan Debong Tengah Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal, Senin (17/6/2024). Pelaksanaan salat Idul Adha dimulai pukul 06.15 wib.


Dalam kesempatan itu, khatib juga menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Kita juga diminta untuk meneladani Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS untuk senantiasa taat kepada Allah SWT.


Lebih lanjut disampaikan khatib, Perayaan Idul Adha sejatinya bermakna sebagai refleksi diri untuk selalu taat kepada Allah SWT dan mengikuti perilaku yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS. Karena, pada saat itu, Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih anak kesayangannya, Nabi Ismail AS.


Perintah itu merupakan perintah yang sangat berat untuk dijalankan bagi Nabi Ibrahim AS. Pasalnya, selama bertahun-tahun, Nabi Ibrahim AS belum memiliki keturunan dan setelah memiliki keturunan tersebut Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih satu-satunya anak kesayangannya pada saat itu.


Berdasarkan kisah tersebut, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail mengajarkan kepada orang-orang terkait salah satu makna dari perayaan Hari Raya Idul Adha ini yang salah satunya adalah keikhlasan.


Keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail untuk selalu menerima semua takdir yang telah menjadi ketentuan dari Allah SWT merupakan sesuatu yang juga harus dilakukan oleh seluruh umat Islam. 


Pembina Masjid Ittihadul Ummah Debong Tengah Ustad Kardinoto menambahkan, panitia masjid melaporkan ada sebanyak 2 ekor sapi. Pihaknya juga meminta kepada panitia qurban dan para pemuda masjid untuk membantu penyembelihan hewan qurban, pengemasan hingga pendistribusian kepada para penerima daging qurban. Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilakukan usai salat idul adha. Jumlah hewan kurban bisa saja bertambah.(Hid/spn).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar