FTIK UPS Gelar Seminar Bulanan Bertema Penulisan Jurnal Ilmiah

FTIK UPS Gelar Seminar Bulanan Bertema Penulisan Jurnal Ilmiah Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Meningkatkan kualitas pembelajaran dan suasana akademik di lingkungan civitas akademika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Pancasakti Tegal (FTIK UPS Tegal) pada hari Senin, 24 Juni 2024 menyelenggarakan seminar bulanan dengan tema Penulisan Jurnal Ilmiah. Seminar tersebut dengan pemateri M.Agus Shidiq, MT, dari Program Studi Teknik Mesin. Pemateri tersebut merupakan praktisi dan juga akademisi sebagai dosen program studi Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Pancasakti Tegal. Acara tersebut dihadiri kurang lebih 100 mahasiswa dari semua prodi di FTIK UPS Tegal.


Dalam sambutan pembukaan seminar Dekan FTIK UPS Tegal Dr.Agus Wibowo, MT yang didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik Rusnoto, ST. M.Eng, menyampaikan pentingnya penulisan jurnal ilmiah untuk melatih mahasiswa membuat karya ilmiah berupa membuat jurnal. Dan nantinya jurnal tersebut sebagai syarat pengambilan skripsi bagi mahasiswa semester akhir. Sehingga dari pembuatan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa diwajibkan membuat draft jurnal dari isi laporan PKL tersebut. Untuk bulan Juni ini diselenggarakan dari program studi Teknik Mesin maka diundang pemateri dari bidang Teknik Mesin. Karena di FTIK ada 5 Program Studi yaitu Program Studi Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Sipil, Informatika dan Sistem Informasi sehingga penyelenggaraan seminar bergilir dari tiap prodi. Sebagai pemateri, M.Agus Shidiq, menyampaikan paparannya tentang bagaimana cara membuat jurnal yang baik dan sesuai template yang sudah disediakan dijurnal.


Penulisan jurnal tak lepas juga dari cek plagiasi sehingga dari jurnal yang ada di FTIK yaitu jurnal Engineering membatasi plagiasi sebesar 20% sehingga jika saat cek plagiasi lebih dari 20% maka jurnal dikembalikan dulu ke penulis untuk diperbaiki. Dan untuk penerbitan di jurnal Engineering setahun 2 kali. Di FTIK UPS di masing-masing Program Studi sudah memiliki jurnal sehingga mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam menerbitkan karya ilmiah jurnal.(Hid/adv).


     

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar