RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta dan Sleman Salurkan Daging Qurban

RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta dan Sleman Salurkan Daging Qurban

SINARPAGINEWS.COM, YOGYAKARTA - Kebersamaan dan keakraban akan terbentuk dengan melakukan kegiatan ibadah qurban, baik antar sesama pegawai RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta dan Sleman maupun masyarakat luas.

Hal tersebut disampaikan Direktur Bidang Al Islam, Kemuhammadiyahan dan SDI, Cahyono, S.Ag, sebelum memulai penyembelihan hewan qurban di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman.

Bagi Cahyono, apa yang dilakukan saat ini menjadi amanah dan ladang pahala bagi semuanya. "Amanah harus dilaksanakan dengan ikhlas," tandasnya.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dihadiri jajaran Direksi RS PKU Muhammadiyah, Gamping Yogyakarta dan Sleman seperti dr Ahmad Faesol Sp.Rad MMR (Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Gamping) dan Cahyono, S.Ag (Direktur Bidang Al-Islam KeMuhammadiyahan dan SDI).

Merayakan Idul Adha, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Gamping dan Sleman menyembelih hewan qurban. Penghimpunan hewan qurban dari civitas hospitalia -- baik dokter maupun pegawai -- RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta dan Sleman yang melakukan qurban melalui panitia Qurban PKU Muhammadiyah.

Demi suksesnya pelaksanaan kegiatan dibentuk kepanitiaan yang bertugas mengumpulkan shohibul qurban dari kalangan dokter dan pegawai RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Gamping dan Sleman. Kali ini sebanyak 90 orang sebagai pelaksana penyembelihan dan mendistribusikan kepada yang berhak menerimanya. Kegiatan dilaksanakan di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Jl. Wates km 5.5 Gamping, Sleman, Selasa (18/6/2024).

Seperti disampaikan Ketua Kantor Layanan LazisMu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping Alfis Khoirul Khisoli, S.Kom.I, M.Si, didampingi Ketua Panitia Sigit Harun, S.Kep, Ns., M.Kep, dan Divisi Bina Dakwah RS PKU Muhammadiyah Umar Said Prawoto, S.Ag, seperti tahun-tahun sebelumnya RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta dan Sleman semarak dalam menyambut Idul Adha. "Demikian pula yang diadakan pada tahun ini," kata Alfis.

Ketua Panitia, Sigit Harun, S.Kep, Ns., M.Kep, menjelaskan, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban kali ini merupakan bentuk nyata hubungan yang erat antara RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta dan Sleman dengan masyarakat luas.

Dijelaskan Sigit, pemberian daging qurban kepada masyarakat merupakan agenda rutin yang sudah berjalan sejak tahun-tahun sebelumnya. "Dan terus akan dilakukan pada tahun-tahun mendatang," ungkapnya.

Sebelumnya, hewan qurban kambing telah disalurkan ke SD Muhammadiyah Balecatur Gamping Sleman RS PKU Muhammadiyah Nanggulan Kulonprogo, PCPM Jetis Bantul, TK ABA Wirobrajan 2 Yogyakarta, SD Muhammadiyah Kuwon, SD Muhammadiyah Ambarketawang, Klinik Pratama Aisyiyah Moyudan, SD Muhammadiyah Ngupasan Yogyakarta, SD Muhammadiyah Kalangan Banguntapan Bantul, Masjid Darussalam Jetis Sumberejo Sleman, Masjid Al Amin dan Masjid Insan Mulia. Shohibul atas nama dr Agus Widiyatmoko, Sp.PD, M.Kes dan Dr dr Supriyatiningsih, Sp.OG, M.Kes disalurkan ke PRA Tamantirto Selatan Bantul.

Dijelaskan Umar Said Prawoto, sebanyak 1.000 kantong daging qurban didistribusikan kepada yang berhak dan membutuhkan. Sebagian besar untuk masyarakat sekitar rumah sakit dan ada yang ditasyarufkan ke Mushola Buya Syafii Maarif Komplek Makam Husnul Khotimah Donomulyo, Nanggulan, Kulonprogo.

Dengan dilakukannya penyembelihan dan pentasyarufan hewan qurban sebanyak 13 lembu dan 41 kambing keberadaan RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta dan Sleman bisa bermanfaat untuk umat sekitar rumah sakit. (Fan)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar