FIK UI Beri Edukasi Warga Depok Terkait Cara Pengendalian Hipertensi Dengan Tepat

FIK UI Beri Edukasi Warga Depok Terkait Cara Pengendalian Hipertensi Dengan Tepat Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, DEPOK - Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) bekerja sama dengan Posbindu Ananda RW 022, Abadi Jaya, Depok menggelar edukasi kesehatan bagi warga Depok terkait cara pengendalian hipertensi dengan tepat, Belum lama ini. 


Kegiatan ini merupakan program pengabdian masyarakat para dosen FIK UI khususnya dari Departemen Keperawatan Komunitas yang melibatkan mahasiswa sarjana khususnya mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Praktikum Keperawatan Keluarga dan Komunitas. 


Ketua pelaksana program pengabdian masyarakat ini, Ibu Ns. Winda Eriska, S.Kep., MS. mengatakan “Kami menyengajakan melibatkan mahasiwa dalam program pengmas ini untuk memfasilitasi mahasiswa agar memperoleh pengalaman dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung, sehingga manfaat yang didapatkan dari acara ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat warga Abadi Jaya tapi juga bermanfaat besar untuk mahasiswa kami”. 


Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 16 Mei 2024 dan dihadiri lebih dari 60 warga, kader kesehatan, dan juga stakeholder setempat. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyakit tidak menular yakni hipertensi yang merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia dan juga mendorong warga untuk mulai menjalani hidup yang lebih sehat (Kemenkes RI, 2024).


Senam anti hipertensi bersama warga Abadi Jaya, Depok


Seluruh warga yang hadir diberikan pemahaman terkait dengan hipertensi, faktor risikonya, dampaknya, serta cara pencegahannya. Warga juga sangat antusias mengikuti senam anti hipertensi yang dipimpin oleh mahasiswa FIK UI. 


Tim FIK UI melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga Abadi Jaya, Depok.


Tidak hanya memberikan materi edukasi saja, dalam kegiatan ini tim FIK UI bersama dengan perawat Puskesmas Abadi Jaya dan kader kesehatan Posbindu Ananda juga melakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada seluruh warga berupa pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tekanan darah, gula darah, asam urat, dan juga kolesterol. Warga yang didapati memiliki angka pemeriksaan kesehatan diatas ambang batas normal langsung diberikan edukasi secara personal dan diminta untuk segera mengunjungi fasilitas pelayanan kesehatan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 


Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari kader kesehatan dan stakeholder setempat. Ketua RW 022, Abadi Jaya, Depok, Ahmad Sulaiman mengatakan “Saya bersyukur ya ada kegiatan ini, warga disini sangat antusias ketika ada kegiatan edukasi kesehatan semacam ini karena warga terutama yang sudah lansia sudah mulai peduli dengan kondisi kesehatannya sehingga kalau ada kegiatan seperti ini mereka semangat.” 


Warga RW 022, Abadi Jaya, Depok juga menyambut baik adanya kegiatan ini. Ibu Windarti, sebagai peserta dalam kegiatan ini mengatakan “ Perasaan saya senang karena jarang banget diadakan kegiatan kaya gini, terus bersyukur juga karena akhirnya banyak yang bisa diperiksa. Warga jadi aktif lagi, seneng juga diajarin senam hipertensi karena yg rutinan itu cuma senam biasa.” 


Setelah dilakukan kegiatan ini harapannya warga dapat mulai menjalani hidup sehat untuk mencegah terjadinya hipertensi dan komplikasinya serta dapat menerapkan senam anti hipertensi secara mandiri dirumah masing-masing ataupun bersama-sama dalam kegiatan masyarakat.(hid/rls).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar