360 Peserta,15 Pangkalan Ramaikan TKPP GSKB XIV Racana Pancasakti UPS

360 Peserta,15 Pangkalan Ramaikan TKPP GSKB XIV Racana Pancasakti UPS Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Tegal, 28/6/2024 Temu Karya Pramuka Penegak Gladian Satria Kelana Buana atau biasa disingkat TKPP GSKB kembali diselenggarakan ke 14 kalinya pada Jumat (28/6/2024).


Penyelenggara TKPP GSKB ini adalah Racana Pancasakti Universitas Pancasakti Tegal. Kegiatan ini di buka di Auditorum Daryoen Seno Atmadja UPS, dan di buka langsung oleh Wakil Rektor III Imam Asmarudin SH MH yang di sajikan meriah dan memukau dengan tarian Geol tegalan kolaborasi bersama SMAN 2 Tegal dan MAN Tegal. 


Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari 2 malam pada tanggal 28-30 Juni 2024 dengan sebanyak 15 pangkalan atau sekitar 360 peserta dengan 11 mata lomba.


TKPP GSKB XIV merupakan kegiatan rutin 2 tahun sekali yang di adakan oleh UKM Racana Pancasakti Universitas Pancasakti Tegal, untuk di tahun 2024 ini kegiatan TKPP di gabung dengan kegiatan Harlah Racana Pancasakti ke-30 tahun di malam puncak, dengan serangkaian acara.


"Total pangkalan yang mengikuti sebanyak 15 pangkalan atau sekitar 360 peserta dengan 11 mata lomba menjadikan TKPP GSKB XIV lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya di tambah dengan mengusung tema berbasis teknologi guna mendukung kemajuan IPTEK diranah pendidikan khususnya jenjang SMA/K/MA untuk lebih mengenal kemajuan teknologi" ujar ahmad yazid purnomo ketua TKPP GSKB XIV 2024.


 Wakil Rektor III Imam Asmarudin SH MH menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi aktif seluruh peserta dalam acara ini serta harapan agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi pengembangan kemampuan dan karakter para peserta.


Acara ini bukan hanya sebagai media penambahan pengetahuan bagi pramuka penegak, tetapi juga terdapat kegiatan yang menambah semangat kakak–kakak untuk mengikuti kegiatan pramuka. Seperti Giat Prestasi, Giat Wawasan, Giat Partisipan, Giat Bakti serta lain–lainya. Ada juga kegiatan untuk pembina pramuka dari pangkalan masing–masing, kegiatan tersebut adalah karang pamitran.


Giat prestasi adalah kegiatan untuk melatih skill kepramukaan serta menambah materi kepramukaan. Contohnya yaitu, lomba ketangkisan baris berbaris, modifikasi pionering, film pendek, penegak tanggung, maskot dan jargon, mural, ngadi salira busana, cerdas tepat pramuka, teknologi tepat guna, tertib administrasi dan pembina tergiat.


Giat wawasan yaitu giat yang dilakukan untuk menambah wawasan kita, bukan hanya tentang kepramukaan, tetapi wawasan tentang pengetahuan umum juga seperti seminar pramuka dan giat wawasan tentang Universitas Pancasakti Tegal.


Giat partisipan adalah giat yang dilakukan para peserta pramuka untuk mengisi kegiatan umum, seperti korve/jaga tenda, mengikuti apel pagi dan sore.


Giat bakti adalah giat yang dilakukan oleh peserta maupun panitia untuk peduli terhadap kawasan yang ada di bumi perkemahan, misalnya membersihkan lingkungan, melakukan penanaman pohon pada sekitar pantai.


 Dukungan pun turut datang dari Ka. Kwarcab pemalang yang ikut hadir dan banyaknya sponsor yang mensupport kegiatan ini menjadikan kegiatan yang diadakan oleh Racana Pancasakti diharapkan sukses besar.(hid/fit).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar